Microsoft Excel merupakan perangkat lunak untuk mengolah data secara otomatis meliputi perhitungan dasar, penggunaan fungsi-fungsi, pembuatan grafik dan manajemen data. Perangkat lunak ini sangat membantu untuk menyelesaikan permasalahan administratif mulai yang paling sedernaha sampai yang lebih kompleks. Permasalahan sederhana tersebut misalnya membuat rencana kebutuhan barang meliputi nama barang, jumlah barang dan perkiraan harga barang. Permasalahan ini sebenarnya dapat juga diselesaikan menggunakan Microsoft Word karena hanya sedikit memerlukan proses perhitungan, tetapi lebih mudah diselesaikan dengan Microsoft Excel. Contoh permasalahan yang lebih kompleks adalah pembuatan laporan keuangan yang memerlukan banyak perhitungan dengan menampilkan grafik data tabel atau penggunaan fungsi-fungsi matematis ataupun logika pada sebuah laporan.
Penggunaan Rumus dan Fungsi
Rumus dan fungsi dalam Excel mempunyai pengertian yang berbeda, rumus berupa instruksi matematika dalam suatu sel/range dalam lembar kerja dengan operator aritmatik seperti : +,-, ,/,* dan ^. Sedangkan Fungsi merupakan rumus siap pakai yang digunakan sebagai alat bantu dalam proses perhitungan. Excel menyediakan ratusan fungsi siap pakai diantaranya fungsi tanggal dan waktu, matematika dan trigonometri, finansial, statistik, lookup dan referensi, database, teks, dan lain-lain.
Menggunakan Rumus (Formula)
Rumus merupakan bagian terpenting dari Program Microsoft Excel , karena setiap tabel dan dokumen yang kita ketik akan selalu berhubungan dengan rumus dan fungsi. Operator matematika yang akan sering digunakan dalam rumus adalah ;
Lambang Fungsi:
+ Penjumlahan
- Pengurangan
* Perkalian
/ Pembagian
^ Perpangkatan
% Persentase
+ Penjumlahan
- Pengurangan
* Perkalian
/ Pembagian
^ Perpangkatan
% Persentase
Macam-macam Rumus
1. =MID(…;…;…)
2. =RIGHT(…;…)
Fungsinya untuk mengambil teks sejumlah karakter tertentu
3. =LEFT(…;…)
Fungsinya untuk mengambil teks sejumlah karakter tertentu
4. =VLOOKUP
Fungsinya untuk pembacaan suatu tabel secara vertikal
5. =DATE(Year,Month,Date)
Fungsinya untuk membuat tanggal berdasarkan angka tahun, bulan, dan tanggal
Fungsinya untuk membuat tanggal berdasarkan angka tahun, bulan, dan tanggal
6. =IF(…;…;…)
7. =AVERAGE(…)
Fungsinya untuk mencari nilai rata-rata
8. =MAX(…)
Fungsinya mencari nilai yang terbesar
9. =MIN(…)
Fungsinya mencari nilai terkecil
10. =COUNT(…)
Fungsinya menghitung jumlah cell yang berisikan angka
http://ibad1835.blogspot.co.id/2014/11/ringkasan-materi-tik-tentang-microsoft.html
http://www.kampusexcel.com/fungsi-count-dan-sum-2007.html
http://www.kampusexcel.com/fungsi-count-dan-sum-2007.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar