Senin, 19 Desember 2016


Microsoft Excel merupakan perangkat lunak untuk mengolah data secara otomatis meliputi perhitungan dasar, penggunaan fungsi-fungsi, pembuatan grafik dan manajemen data. Perangkat lunak ini sangat membantu untuk menyelesaikan permasalahan  administratif mulai yang paling  sedernaha sampai yang lebih kompleks. Permasalahan sederhana tersebut misalnya membuat rencana kebutuhan barang meliputi nama barang, jumlah barang dan perkiraan harga barang. Permasalahan ini sebenarnya dapat juga diselesaikan menggunakan Microsoft Word karena hanya sedikit memerlukan proses perhitungan, tetapi lebih mudah diselesaikan dengan Microsoft Excel. Contoh permasalahan yang lebih kompleks adalah pembuatan laporan keuangan yang memerlukan banyak perhitungan dengan menampilkan grafik data  tabel atau penggunaan fungsi-fungsi matematis ataupun logika pada sebuah laporan.

Penggunaan Rumus dan Fungsi
Rumus dan fungsi dalam Excel mempunyai pengertian yang berbeda, rumus  berupa instruksi matematika dalam suatu sel/range dalam lembar kerja dengan operator aritmatik seperti : +,-, ,/,* dan ^. Sedangkan Fungsi merupakan rumus siap pakai yang digunakan sebagai alat bantu dalam proses perhitungan. Excel menyediakan ratusan fungsi siap pakai diantaranya fungsi tanggal dan waktu, matematika dan trigonometri, finansial, statistik, lookup dan referensi, database, teks, dan lain-lain.

Menggunakan Rumus (Formula)
Rumus merupakan bagian terpenting dari Program Microsoft Excel , karena setiap tabel dan dokumen yang kita ketik akan selalu berhubungan dengan rumus dan fungsi. Operator matematika yang akan sering digunakan dalam rumus adalah ;
Lambang Fungsi:
+          Penjumlahan
-           Pengurangan
*          Perkalian
/           Pembagian
^          Perpangkatan
%         Persentase

 Macam-macam Rumus
1. =MID(…;…;…) 
            Fungsinya untuk mencari nilai tengah
            

2. =RIGHT(…;…)
            Fungsinya untuk mengambil teks sejumlah karakter tertentu
            dari  kanan
            


3. =LEFT(…;…)
             Fungsinya untuk mengambil teks sejumlah karakter tertentu
             dari  kiri
             


4. =VLOOKUP
            Fungsinya untuk pembacaan suatu tabel secara vertikal
            
             

5. =DATE(Year,Month,Date)
            Fungsinya untuk membuat tanggal berdasarkan angka tahun, bulan, dan tanggal
             


6.  =IF(…;…;…)
           Fungsinya untuk untuk memahami tentang fungsi logika
           


7. =AVERAGE(…)
           Fungsinya untuk mencari nilai rata-rata


8. =MAX(…)
            Fungsinya mencari nilai yang terbesar


9. =MIN(…)
          Fungsinya mencari nilai terkecil


10. =COUNT(…)
              Fungsinya menghitung jumlah cell yang berisikan angka


http://ibad1835.blogspot.co.id/2014/11/ringkasan-materi-tik-tentang-microsoft.html
http://www.kampusexcel.com/fungsi-count-dan-sum-2007.html







Tidak ada komentar:

Posting Komentar